Butuh Pandangan Hidup


Pandangan Hidup!! Pastilah semuanya sudah tau kan apa pandangan hidup itu. Tapi apa sebenernya arti pandangan hidup itu lalu bagaimana manfaat akan adanya pandangan hidup itu bagi kehidupan individu, masyarakat, atau negara. Semua manusia pastilah memiliki sebuah pandangan hidup yang berbeda-beda. Dari berbedanya pandangan hidup seseorang kadang dapat membuat perdebatan hanya karena berbeda pandangan hidup.

Pandangan Hidup adalah pendapat atau pertimbagan yanag dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia.. Pendapat atau pertimbangan itu hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Pandangan hidup itu ibarat wadah dan Manusia adalah ibarat air yang mengikuti bagaimana bentuk wadah.. tapi sekali lagi Manusia adalah penentu ingin menempati wadah seperti apa.

Pandangan Hidup di bagi  menajadi 3 macam, yakni :
  1. Pandangan Hidup yang berasal dari agama : pandangan hidup yang mutlak kebenarannya
  2. Pandangan hidup yang berasal dari Ideologi suatu negara : sebuah pandangan hidup yang terlahir dari adanya kesepakatan masyarakat suatu negara dan disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang berlaku pada  Negara.
  3. Pandangan hidup yang berasal dari Renungan :  pandangan hidup yang relative kebenarannya.
Apabila pandangan hidup itu diterima oleh sekelompok orang sebagai pendukung suatu  organisasi,  maka pandangan  hidup  itu disebut  ideologi.  Jika  organisasi  itu organisasi politik,  ideologinya  disebut  ideologi politik.  Jika organisasi  itu negara,  ideologinya  disebut ideologi  negara. Pandangan   hidup  pada  dasarnya mempunyai   unsur-unsur  yaitu  cita-cita,  kebajikan, usaha,  keyakinan/kepercayaan. Keempat unsur ini merupakan satu rangkaian kesatuan  yang tidak terpisahkan.  Cita – cita  ialah apa yang diinginkan  yang mungkin  dapat  dicapai  dengan usaha  atau perjuangan.  Tujuan  yang  hendak  dicapai  ialah kebajikan, yaitu  segala  hal  yang baik yang membuat  manusia makmur, bahagia, damai, tentram. Usaha atau peIjuangan  adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan/kepercayaan.  Keyakinan/kepercayaan diukur dengan kemampuan akal, kemampuan  jasmani,  dan kepercayaan  kepada  Tuhan.

Berhubungan behas mengenai Pandangan hidup nih, sekarang saya akan membahas bagaimana sebuah ideologi bangsa Indonesia bisa menjadi pandangan hidup masyarakatnya dan bagaimanakah aktualisasi menjalankan ideologi tersebut dalam menghadapi perkembangan IPTEK saat ini.


No comments:

Post a Comment